Halaman

USUS 12 JARI

Tahu Kah Anda Bahwa Usus 12 Jari Sebagai Terminalnya Saluran-Saluran Enzim Pencernaan Kita

Usus 12 JariUsus 12 Jari :

Usus 12 jari (duodenum) merupakan salah satu bagian dari usus halus yang bentuknya seperti sepatu kuda yang melengkung ke kiri. Panjang usus 12 jari ini sekitar 25 cm, sebagai bagian terpendeknya usus halus.

Walaupun pendek tapi usus 12 jari dipercaya oleh kantung empedu dan juga kelenjar pankreas sebagai tempat bermuaranya saluran mereka.

Kantung Empedu

Kantung ini berfungsi sebagai organ tubuh yang menghasilkan cairan empedu. Pada kantung empedu terdapat saluran yang menghubungkan antara hati kita dengan usus 12 jari. Yang salah satu kegunaannya adalah sebagai saluran pembuangan kolesterol dan bilirubin (zat warna empedu hasil perombakan sel darah merah tua) dari hati ke usus 12 jari. Selain itu,saluran ini juga menyalurkan garam empedu ke usus 12 jari untuk mengemulsi lemak agar lebih gampang dicerna.

Kelenjar Pankreas

Kelenjar ini menghasilkan getah pankreas yang terdiri dari beberapa enzim-enzim pencernaan untuk kemudian disalurkan ke usus 12 jari. Selain itu kelenjar pankreas bertindak juga sebagai kelenjar endokrin yang memproduksi hormon insulin. Tau kan teman apa gunanya hormon insulin ini? Kalo nggak tau, hormon ini berfungsi untuk mengubah gula darah menjadi energi, sehingga gula darah kita tetap normal deh. Hehehe...

Untuk usus 12 jari pankreas menghasilkan tiga macam enzim secara umumnya, yaitu:
  1. Enzim lipase, untuk memecah lemak di usus 12 jari
  2. Enzim tripsin, sebagai pemecah protein pada usus 12 jari, dan yang terakhir
  3. Enzim amilase, pemecah pati (karbohidrat) yang ada pada makanan dalam usus 12 jari
Terimakasih sudah membaca artikel usus 12 jari ini. Semoga berguna untuk teman-teman...

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar