Halaman

USUS HALUS

Tau Nggak Teman Bahwa Usus Halus Merupakan Tempat Penyerapan Nutrisi Makanan Yang Kita Makan

Usus HalusUsus Halus :

Usus halus adalah saluran pencernaan yang berkelok-kelok dengan panjang sekitar 6 sampai 8 meter dan lebarnya 25 mm. Usus halus letaknya diantara lambung dengan usus besar. Di dalam usus halus inilah sari-sari makanan yang dicerna oleh lambung diserap oleh dinding-dinding usus halus yang berlipat-lipat atau bisa disebut dengan jonjot-jonjot usus halus (villi).

Usus halus terbagi menjadi 3 bagian penting, yaitu:
  • Usus Dua Belas Jari (Duodenum)
    Usus halus
    ini memiliki panjang lebih kurang 25 cm dengan bentuk melengkung seperti sepatu kuda. Usus halus bagian ini juga sebagai tempat bermuaranya saluran empedu dan saluran pankreas.
  • Usus Kosong (Jejunum)
    Usus halus
    dengan panjang mencapai 7 meter ini sebagai tempat finishing dalam proses mencerna makanan. Produk yang nantinya dihasilkan sudah dalam bentuk bubur yang sangat halus dengan berbagai kandungan nutrisi yang sudah dalam bentuk sederhananya. Jadi tinggal diserap deh oleh usus penyerapan.
  • Usus Penyerapan (Ileum)
    Usus halus
    yang panjangnya juga mencapai 1 meter, bertindak sebagai usus halus yang menyerap nutrisi-nutrisi makanan. Nah pada usus halus bagian inilah terdapatnya jonjot usus halus yang strukturnya itu berlipat-lipat untuk memperluas dinding usus halusnya. Setelah diserap oleh dinding-dinding usus halus, nutrisi ini akan diangkut oleh darah dan pembuluh linfa ke seluruh tubuh kita.
Gimana sudah paham belum tentang usus halus sebagai pabrik penghasil bahan energi ini? Hehehe...

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar