Halaman

USUS BESAR

Usus Besar Sebagai Organ Terakhir Dalam Proses Pencernaan Makanan Dalam Tubuh Manusia

Usus BesarUsus Besar :

Mungkin sudah tidak asing lagi di telingan teman-teman dengan kata usus besar ini. Ya betul, usus besar merupakan salah satu organ pencernaan kita. Jika organ ini gak ada maka tentunya proses pencernaan gak akan berjalan dan kita gak akan bisa bertahan hidup. Itulah pentingnya usus besar bagi kehidupan kita.

Pengertian Usus Besar

Usus besar (kolon) adalah usus yang ukurannya paling besar diantara usus-usus lainnya dan terletak di susunan terakhir dalam sistem pencernaan manusia. Usus besar terdiri dari seenggaknya enam bagian, yaitu bagian sekum, kolon menanjak (asenden), kolon menurun (desenden), kolom melintang (transversus), sigmoid, dan terakhir rektum. Pada sekum, sebagai pembatas dengan usus halus, terdapat yang dinamakan usus buntu sebesar jari kelingking manusia. Dan setelah rektum ada pintu pembuangan kotoran yang bernama anus.

Fungsi Usus Besar

Di bawah ini ada empat fungsi usus besar yang perlu kita ketahui, yaitu sebagai berikut:
  1. Penyimpan dan pembusuk sisa makanan
  2. Penyerap air dan elektrolit
  3. Pendegradasi bakteri
  4. Pembuat vitamin K

Penyakit Usus Besar

Usus besar cukup berpotensi terkena kanker. Umumnya penyebab utama seseorang terkena kanker usus besar adalah pola makan yang tidak baik dan sehat dan juga jenis makanan yang mereka konsumsi. Sehingga membuat beberapa sel usus besar menjadi tidak terkontrol pertumbuhannya. Sel-sel usus besar ini akan terus da terus tumbuh membesar dan meradang, sehingga kadang pembuluh darah yang ada pada sel usus besar tersebut pecah mengeluarkan darah.

Jika dibiarkan pertumbuhan kanker ini akan semakin menjadi-jadi dan bisa menularkan bakteri dan virus ke organ di sekitarnya. Dan akhirnya kalo bakteri kanker usus besar sudah menyebar ke seluruh tubuh, nyawa si penderitanya akan dipertaruhkan.

Oleh karena itu teman-teman, jagalah usus besar kita dengan melakukan pola makan yang sehat dengan makanan yang sehat pula. Okee...

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar