Halaman

FUNGSI USUS BESAR

4 Fungsi Usus Besar Yang Berperan Penting Pada Saluran Pencernaan Manusia Di Dalam Tubuh

Fungsi Usus BesarFungsi Usus Besar :


Sudah pada tau kan usus besar ini adalah usus yang paling besar dalam struktur saluran pencernaan manusia. Tapi kalo fungsi usus besar pada tau enggak teman-teman?


Setidaknya ada empat fungsi usus besar yang perlu kita ketahui. Nah dibawah inilah kita akan membahasnya:

Fungsi Usus Besar, Menyerap Air

Pekerjaan paling utama dari usus besar yaa ini, menyerap air yang ada dalam kandungan sisa makanan. Fungsi usus besar ini akan terlihat sekali ketika terjadi musim panas yang berkepanjangan dan tubuh kita menjadi dehidrasi.

Ketika keadaan seperti itu usus besar akan bekerja mati-matian untuk menyerap air pada sisa makanan di dalamnya. Jadi bisa kita lihat sendiri nantinya, kotoran yang kita keluarkan bentuknya keras-keras dan kasar itu tandanya kandungan airnya sudah terserap banyak oleh dinding usus besar. Enggak kebayang jika kandungan air ini tidak diserap oleh usus besar, bisa-bisa kotoran yang kita keluarkan selalu dalam bentuk bubur (mencret).

Fungsi Usus Besar, Membentuk Vitamin K

Bakteri-bakteri baik di dalam usus besar akan memfermentasi sisa bahan makanan ini. Salah satu hasil produksinya adalah terbentuknya vitamin K untuk diserap oleh dinding usus besar. Selain itu hasil produksi yang lain adalah dalam bentuk gas yang sering kita keluarkan.

Tau enggak kalian funsi vitamin K ini? Vitamin K sangat penting membantu keping-keping darah (trombosit) untuk mempercepat proses pembekuan darah. Bayangkan jika terjadi kecelakaan darah kita gak membeku dan terus mengalir keluar. Selain itu vitamin ini sangat dibutuhkan loh untuk si penderita diabetes melitus. Penyakit ini sangat rentan, jika terjadi luka sedikit saja maka darah akan keluar terus-menerus tak terkendali dan di sinilah gunanya vitamin K.

Fungsi Usus Besar, Mendegradasi Bakteri Jahat

Usus besar sebagai tuan rumahnya harus mengontrol jumlah populasi bakteri yang ada di dalamnya. Terutama dia juga harus mengusir bakteri-bakteri jahat yang tidak diundang. Kalo bakteri baik sih dibiarkan saja untuk membantu usus besar dalam proses pencernaan.

Lain halnya ketika usus besar tidak bisa mengontrol pertumbuhan bakteri jahat. Penyakit ini biasa dinamakan diare. Penderitanya akan terlihat sering ke kamar mandi dan pastinya kotorannya dalam bentuk cair.

Fungsi Usus Besar, Mengumpulkan Sisa Makanan

Mengumpulkan sisa makanan sih emang udah menjadi tugasnya usus besar sebagai organ terakhir pada sistem pencernaan manusia. sisa bahan makanan yang masih dalam bentuk bubur kemudian diserap airnya dan difermentasikan sehingga didapatlah kotoran dalam betuk pejal.

Itu saja ah keterangan fungsi usus besar-nya. Semoga dapat dipahami yoo...

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar